Menu

Keindahan Taman Wisata Alam Hutan Mangrove Jakarta


Bisa dikatakan untuk mencari wisata alam di Jakarta itu cukup sulit. Hal ini karena lahan luas saja di jakarta sudah sangat jarang ditemukan dan kebanyakan yang ada adalah gedung-gedung tinggi pencakar langit. Namun, siapa sangka jika di Jakarta masih ada tempat wisata alam yang indah yang disebut dengan hutan mangrove. Hutan ini berada di kawasan jakarta Timur lebih tepatnya lagi berada di kawasan Pantai Indah Kapuk.

Keindahan Taman Wisata Alam Hutan Mangrove Jakarta

Nah, tempat wisata ini juga lebih dikenal dengan nama Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Tempat wisata yang indah ini ternyata berada di wilayah Ekowisata Mangrove di Jalan Pantai Indah Utara I Penjaringan jakarta Utara.

Adanya hutan mangrove ini juga digunakan untuk menjaga lingkungan dari kerusakan. Namun ada juga tujuan lain dimana tempat wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata alternatif untuk Anda yang suka dengan wisata alam di jakarta.

Sebelum dijadikan sebagai tempat wisata, hutan mangrove ini pada awalnya adalah tambak bandeng liar. Namun, saat ini wilayah ini sudah menjadi tempat konservasi tanaman mangrove dimana luas lahannya adalah 99,82 hektar. 40 % dari luas lahan ini dijadikan sebagai hutan mangrove.

#. Transportasi dan Harga Tiket Hutan Mangrove

Untuk Anda yang ingin berwisata di hutan mangrove Angke kapuk, Anda bisa datang ke sana dengan mengendarai kendaraan pribadi. Di sini, Anda bisa melewati arah tol Soekarno-Hatta dan kemudian nantinya akan keluar tol arah Pantai Indah kapuk.

Nah, di sini, silahkan Anda mencari sebuah sekolah yang bernama Buddha Tzu Chi. Setelah itu, ikuti papan petunjuk hingga Anda sampai ke lokasi hutan ini. Oh iya, untuk memasuki kawasan hutan mangrove, Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 25.000 saja.

#. Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Hutan Mangrove

Di hutan ini, Anda bisa melakukan banyak hal dan yang pastinya ini menjadi salah satu lokasi wisata yang sangat cocok liburan bersama dengan keluarga. Dengan liburan ke sini, Anda akan bisa kembali cerita bersama dengan keluarga, sahabat, ataupun kekasih sambil menikmati waktu liburan singkat.

Nah, apa saja hal yang bisa Anda lakukan selama di wisata alam hutan mangrove ini? yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya yang ada di bawah ini;

1. Melihat Flora dan Fauna

Hal pertama yang bisa Anda lakukan saat berada di hutan ini adalah menyaksikan flora dan fauna yang ada di hutan ini. di hutan ini ada banyak flora dan fauna yang tinggal di hutan mangrove.

Anda bisa menyaksikan flora dan fauna ini sambil berjalan santai saat menyisiri hutan ini. tenang saja, untuk flora dan fauna ini aman dan sudah jinak. Sebab, mereka sudah biasa dengan keberadaan manusia.

2. Berkeliling Laut Menggunakan Perahu

Untuk Anda yang ingin menikmati sensasi menaiki perahu dan jalan-jalan keliling hutan mangrove. Anda bisa banget melakukan hal tersebut. Di kawasan ini terdapat banyak perahu nelayan yang disewakan dan bisa Anda naiki.

Harga sewanya juga murah lho. Untuk satu perahu yang berkapasitas 6 orang, Anda bisa menaikinya dengan membayar Rp. 250.000 saja. sedangkan untuk perahu yang berkapasitas 8 orang, Anda bisa menaikinya dengan membayar Rp. 350.000 saja.

3. Menanam Pohon Mangrove

Wisata alam ini juga menjadi wisata alam edukatif untuk anak-anak. Mengapa demikian? Dengan mengajak anak ke tempat ini sama halnya Anda mengajarkan sesuatu yang sangat penting untuk anak.

Seperti yang diketahui bahwa fungsi hutan mangrove digunakan untuk mencegah terjadinya banjir air laut. Dengan menanam hutan mangrove dijadikan sebagai upaya pencegahan untuk menjaga lingkungan di daerah pesisir.

Lihat juga: Taman Rekreasi Selecta Batu Malang

Nah, di sini, Anda juga bisa mengajarkan anak bagaimana cara menanam tanaman mangrove. Bagaimana caraya? Tenang saja, karena di sini sudah ada pemandu yang akan memandu Anda bagaimana cara menanam pohon mangrove ini.

Nah, untuk aktivitas menanam mangrove juga ternyata sangat menyenangkan lho. Sebab, pohon ini tidak ditanam di media tanah seperti pohon pada umumnya. Namun, ia akan ditanam pada media lumpur, sehingga keseruannya lebih terasa menyenangkan.

Untuk melakukan aktivitas menanam pohon mangrove, Anda bisa membayar antara Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 500.000. Harga ini tentunya disesuaikan dengan jumlah pohon yang ditanam dan jumlah pemandunya.
Bagaimana? Bukankah liburan ke tempat wisata alam yang satu ini sangat menyenangkan? Bukankah sangat jarang di Jakarta Anda bisa melakukan banyak hal menarik yang menyatu dengan alam. Nah, untuk Anda yang ingin liburan di sini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Misalnya saja seperti larangan bagi para pengunjung. Sebelum Anda memutuskan untuk datang, pastikan Anda tahu larangan apa saja yang ada di hutan ini. ternyata, pihak pengelola hutan melarang keras para pengunjung yang datang untuk membawa kamera.

Entah mengapa larangan ini diberlakukan, namun tahukah Anda jika sanksi yang diberikan jika Anda ketahuan membawa kamera cukup berat lho. Nantinya Anda akan dikenakan denda sebesar Rp. 1000.000.

Sehingga sangat dihimbau untuk para pengunjung agar tidak membawa kamera saat datang ke tempat wisata ini? meskipun demikian, nyatanya larangan ini mengandung sisi positif lho untuk para pengunjung.

Apa sisi positifnya? Para pengunjung bisa menikmati liburan tanpa harus terpaku dengan foto dan momen. Namun, momen yang dirasakan jauh lebih terasa hangat. Apalagi jika Anda datang bersama keluarga yang sangat jarang bisa berkumpul bersama.

Dengan datang ke hutan mangrove ini, Anda bisa kembali merasakan quality time bersama dengan keluarga di rumah tanpa harus sibuk dengan gadget-nya masing-masing. Wah, bukankah ini sangat menyenangkan untuk dilakukan?

Lihat juga: Harga Tiket Masuk Curug Putri Pandeglang Banten

Oh iya, sebagai himbauan, untuk Anda yang ingin datang ke sini ada baiknya untuk membawa baju ganti. Hutan mangrove ini memiliki tekstur tanah yang berbeda dengan tanah pada umumnya. Bahkan, tanahnya cenderung lebih berlumur.

Karena itu, untuk berjaga-jaga Anda bisa membawa baju ganti. Jangan lupa untuk menggunakan alas kaki yang nyaman. Atau mungkin Anda bisa menggunakan sandal jepit saja, mengingat medan di hutan ini tidak begitu bagus.

Nah, untuk Anda yang ingin menginap di sekitar hutan mangrove ini, tentunya hal; ini bisa banget untuk dilakukan. Sebab, di sekitar hutan ini sudah banyak hotel yang berdiri dan cocok untuk menginap bersama dengan keluarga tercinta.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk liburan ke wisata alam hutan mangrove di Jakarta? Di sini, Anda pastinya tidak akan menyesal karena meskipun berada di Jakarta, namun nuansa alamnya masih terjaga.

Oleh karenanya, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota untuk liburan alam yang menyenangkan. Sebab, di kawasan Jawa Timur tepatnya di Hutan Mangrove Angke kapuk ini anda bisa mewujudkannya.

Yuk langsung saja ajak teman, sahabat dan keluarga Anda untuk liburan menyenangkan dan indah di hutan Mangrove Angke Kapuk Jakarta sekarang juga.

Booking kamar hotel secara online sekarang juga dan dapatkan promo hotel dan penawaran harga terbaik hari ini. Pesan kamar jauh hari sebelum keberangkatan agar tidak kehabisan karena pada sewaktu-waktu kamar bisa habis, apalagi ketika musim liburan. Pesan kamar di Agoda dapatkan promo diskon dan penawaran harga terbaik.


Related Post