Menu

Keindahan Curug Putri Pandeglang dan Harga Tiket Masuk


Wisata alam menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak digandrungi oleh sebagian besar wisatawan. Keindahan alam yang memukau memang mampu memanjakan mata siapa saja. Tak terkecuali Curug Putri Tahura Carita Pandeglang, Banten yang mempesona.

Keindahan Curug Putri Pandeglang dan Harga Tiket Masuk

Curug Putri atau Air Terjun Putri yang satu ini memang terkenal dengan keindahan yang dimilikinya. Karena pesona alamnya yang memikat, hal tersebut membuat curug satu ini juga dikenal dengan nama Little Green Canyon.

Pandeglang sendiri setidaknya memiliki dua buah curug. Curug yang pertama adalah Curug Putri. Curug atau air terjun satu ini berada di lereng Gunung Pulosari, Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Pandeglang.

Sementara itu, ada juga Curug Putri yang berada di Taman Hutan Rakyat (Tahura) di Kawasan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. Nah, yang menarik dari tempat wisata satu ini adalah air terjun yang memiliki kolam serta mengalir seperti aliran sungai. Daya tarik inilah yang membuat para pengunjung merasakan sensasi di aliran air terjun tersebut.

#. Lokasi Curug Putri Tahura Pandeglang Banten

Curug Putri yang satu ini berada di Taman Hutan Rakyat (Tahura) kawasan Sukarame, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. Curug Putri Tahura ini juga masih satu kawasan dengan beberapa curug lainnya seperti:

  • Curug Gendang
  • Curug Cadas Ngampar.

Karena berada di kawasan hutan, suasana yang ada di sekitar lokasi wisata pun tampak masih sangat asri dan juga alami. Udara yang ada disini pun masih terasa segar. Pikiran Anda pun akan menjadi lebih fresh karena rimbunnya pepohonan yang hijau.

#. Rute Menuju Curug Putri Tahura Pandeglang Banten

Bagi Anda yang ingin menuju ke destinasi wisata yang satu ini, Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Terdapat dua jalur yang bisa Anda pilih jika berangkat dari Serang.

Yang pertama yaitu jalur Cilegon – Anyer yang bisa ditempuh dalam waktu 3 jam. Yang kedua yaitu jalur Pandeglang – Carita yang bisa Anda tempuh selama 4 jam perjalanan.

Nah, bagi Anda yang menggunakan mobil, mobil hanya bisa masuk sampai pada batas tracking saja. Sedangkan, bagi para pengunjung yang menggunakan bus, maka kendaraan bus hanya bisa sampai di gerbang Tahura saja.

Bagi Anda yang menggunakan sepeda motor, kendaraan bisa masuk ke wilayah tracking sejauh 5 km dari Curug Putri. Untuk jalur perjalanan tracking pertama yang menuju ke Curug Putri Tahura Caruta Pandeglang dapat dilalui selama kurang lebih 30 menit dengan melewati jalur pendakian yang terjal untuk bisa sampai di Curug Gendang.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan melewati jalur yang landai selama kurang lebih 10 menit hingga sampai di pos guide. Baru kemudian Anda akan melewati medan air sedalam dua meter dengan menggunakan pelampung selama 5 menit bersama dengan pemandu wisata hingga Anda sampai ke tempat wisata. Nah, untuk menggunakan jasa guide tersebut, Anda hanya perlu membayar Rp 15.000 per orang.

#. Harga Tiket Masuk Curug Putri Tahura Pandeglang Banten

Para pengunjung yang akan masuk ke kawasan Curug Putri Tahura Carita Pandeglang Banten tidak akan dikenai biaya alias gratis. Hanya saja, para pengunjung harus membayar parkir sebesar Rp 15 ribu per meternya.

Selain itu, Anda juga harus membayar jasa guide sebesar Rp 15 ribu saat menyusuri sungai untuk bisa ke Curug Putri. Bagi Anda yang ingin menikmati indahnya alam sekitar curug lebih maksimal, sangat disarankan untuk tidak datang pada musim liburan atau akhir pekan. Karena biasanya, pada waktu-waktu tersebut tempat wisata tersebut akan dipadati oleh para pengunjung.

Lihat juga: Harga Tiket Masuk Cafe Sawah Pujon Kidul Malang

#. Pesona Keindahan Curug Putri Carita Pandeglang

Saat memasuki wisata alam yang satu ini, para pengunjung sudah bisa merasakan keeksotisan yang dimiliki oleh tempat tersebut. Saat Anda akan masuk ke kawasan tersebut, maka tidak jarang jika Anda menemukan beberapa binatang liar yang tidak setiap waktu bisa Anda lihat.

Beberapa diantaranya adalah jenis burung dengan bulunya yang indah, landak, kawanan monyet dan masih banyak lagi yang lainnya.

Keindahan Curug Putri Pandeglang

Nah, setelah Anda menempuh perjalanan selama 30 menit, para pengunjung bisa beristirahat sejenak di Curug Gendang. Air yang ada di curug tersebut sangatlah jernih dan segar.

Puncak perjalanan ialah sesaat setelah Anda meninggalkan Pos Guide. Para pengunjung akan diajak untuk menyusuri sungai yang kanan kirinya diapit dengan tebing yang tinggi. Dengan pemandangan alam yang masih asri dan tebing bebatuan yang tinggi menjadikan tempat tersebut sebagai salah satu spot foto yang menarik.

Bebatuan yang ada di sungai tersebut diukir oleh aliran air dari Curug Putri. Perjalanan menyusuri aliran sungai ini merupakan satu-satunya perjalanan untuk bisa menikmati indahnya Curug Putri.

Lihat juga: Harga Tiket Masuk D’Kandang Amazing Farm Depok

#. Tips Liburan Ke Air Terjun

Saat liburan ke air terjun, Anda juga harus berhati-hati terlebih dengan keadaan alam yang tidak menentu. Wisata alam memang mampu menyajikan keindahan alam yang tiada duanya. Akan tetapi, keselamatan diri sendiri saat mengunjungi tempat tersebut pun harus diutamakan.
Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum liburan ke air terjun;

1. Siapkan Peralatan Khusus
Beberapa air terjun memang terletak di kawasan yang cukup dalam. Oleh karena itu, siapkan beberapa beberapa peralatan. Seperti sepatu khusus, dan tidak disarankan untuk menggunakan sandal biasa. Namun, bagi Anda yang masih ingin menggunakan sandal, maka Anda bisa menggunakan sandal gunung.

2. Datang Pada Saat Pagi Hari dan Pulang Saat Petang
Mengunjungi wisata air terjun memang lebih asik dilakukan saat pagi hari. pada saat ini udara masih segar. Untuk waktu pulang, pilihlah waktu sebelum gelap. Ini demi keamanan serta keselamatan Anda selama perjalanan pulang.

Apalagi, Curug Putri berada di kawasan hutan yang dalam. Jangan lupa untuk menggunakan jasa guide agar Anda tidak tersesat.

3. Hati-Hati dengan Binatang Liar yang Ada
Sepanjang perjalanan menuju ke Curug Putri, Anda akan melewati kawasan hutan dengan pepohonan yang masih rindang. Tak heran, jika Anda akan menemui banyak binatang liar seperti landak, kawanan monyet atau yang lain sebagainya.

Bahkan, tak jarang juga Anda akan menemukan binatang buas seperti ular. Sangat disarankan untuk tidak bertingkah aneh atau memberi makan secara sembarangan agar binatang liar tersebut tidak mengganggu atau menyerang Anda.

4. Membawa Baju Ganti
Jangan lupa untuk membawa baju ganti saat Anda mengunjungi air terjun. Karena selain menikmati indahnya pemandangan alamnya, Anda juga bisa bermain air dan berenang. Tentu Anda tidak ingin pulang dengan keadaan basah kuyup bukan?

5. Hati-Hati Saat Musim Hujan Tiba
Pada saat musim hujan memang pemandangan curug terlihat lebih indah karena volume air akan menjadi semakin besar. Namun Anda harus tetap berhati-hati, karena pada saat musim hujan volume air akan menjadi lebih besar dan cukup membahayakan.

Menikmati keindahan Curug Putri Carita ini memang sayang jika dilakukan secara sendirian. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengajak teman atau kerabat untuk menikmati keindahan yang dimiliki oleh curug satu ini.

Booking kamar hotel secara online sekarang juga dan dapatkan promo hotel dan penawaran harga terbaik hari ini. Pesan kamar jauh hari sebelum keberangkatan agar tidak kehabisan karena pada sewaktu-waktu kamar bisa habis, apalagi ketika musim liburan. Pesan kamar di Agoda dapatkan promo diskon dan penawaran harga terbaik.


Related Post