Menu

Fasilitas Setu Babakan Jakarta dan Harga Tiket Masuk


Liburan tidak harus di tempat yang mewah da mahal. Liburan ke Setu Babakan misalnya, ini adalah salah satu tempat wisata yang ada di Jakarta Selatan yang recommended banget untuk Anda dan orang tercinta liburan di akhir pekan. Tempat wisata ini menawarkan keindahan wisata air yang masih asri di tengah hiruk pikuk kota Jakarta. Tidak hanya itu saja, namun, tempat wisata ini juga mengajarkan banyak hal tentang budaya dan adat istiadat suku Betawi.

Fasilitas Setu Babakan Jakarta dan Harga Tiket Masuk

#. Apa Sih Setu Babakan itu?

Setu Babakan merupakan salah satu objek wisata yang menawarkan kebudayaan Betawi yang masih sangat erat. Di tempat wisata ini, Anda bisa menemukan banyak hal yang berkaitan dengan betawi, mulai dari bangunan adat, kuliner, seni hingga dialek bahasanya juga ada.

Adapun Setu Babakan sendiri adalah sebuah kawasan yang memiliki luas 32 hektar. Kawasan ini diapit oleh dua buah danau buatan, yakni Danau Babakan dan danau mangga Bolong. Di Danau Babakan, Anda bisa menikmati beragam wahana air sekaligus menjelajahi danau lho.

Tidak hanya itu saja, di babakan juga Anda akan melihat pemandangan yang indah. Pasalnya, Danau Babakan ini dikelilingi dengan tumbuhan dan pepohonan yang rindang. Sehingga tempat wisata ini menawarkan udara yang sejuk dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai.

Setu Babakan sendiri mulai dibangun sejak tahun 2000. Proses pembangunan ini memakan waktu kurang lebih satu tahun. Baru deh pada tahun 2001, tempat wisata ini diresmikan oleh Gubernur Jakarta pada saat itu yakni bapak Sutiyoso.

Lihat Juga: Taman Wisata Alam Hutan Mangrove Jakarta

Sejak diresmikan, Setu Babakan mula mendapat perhatian dari kalangan masyarakat Jakarta. Bahkan, mereka mulai berbondong-bondong untuk pergi wisata ke tempat wisata ini di hari libur. Tidak hanya dijadikan sebagai tempat wisata saja, namun, Setu Babakan kini juga dijadikan sebagai cagar budaya dimana ini menjadi tempat berkembang dan kelestarian budaya Betawi.

Adapun tempat ini diresmikan sebagai cagar budaya sejak tahun 2004 silam. Hingga saat ini Setu Babakan masih dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta yang bekerja sama langsung dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta.

#. Daya Tarik dan Hal yang Bisa Dilakukan di Setu Babakan

Ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan saat datang ke Setu Babakan. Bahkan, Anda bisa mengeksplor sepuasnya berbagai ragam adat budaya Betawi hingga kulinernya juga lho. Nah, bagi ANda yang berencana berwisata ke Setu Babakan, ada nih beberapa jenis kegiatan yang bisa Anda lakukan seperti di bawah ini.

  1. Mengunjungi pusat kuliner betawi yang enak di zona B Setu Babakan
  2. Mengunjungi pusat kelestarian Budaya Betawi yang beragam di Zona A Setu Babakan
  3. Mempelajari bergaram budaya Betawi di Zona C
  4. Menyaksikan berbagai macam pertunjukkan seni betawi
  5. Menyaksikan festival budaya di kampung betawi
  6. Menikmati berbagai macam wahana air yang ada di Setu Babakan
  7. Melihat berbagai macam benda-benda produk budaya yang ada di Museum Budaya Betawi.

Tidak hanya itu saja, namun di pusat pelestarian budaya beti ini, Anda juga bisa melihat pengembangan budaya betawi mulai dari rumah adat, gedung teater, museum purbakala, dan berbagai macam gedung masa kini yang masih kental dengan adat Betawi juga ada.

Sementara itu, ada juga area seni mulai dari seni musik, seni tari pencak silat dan beragam kuliner khas Betawi. Beberapa kuliner yang bisa Anda temukan seperti ketoprak, kerak telor, dodol Betawi, hingga gulali Betawi juga ada lho.

Sedangkan untuk Anda yang suka dengan wisata air. Di sepanjang Setu Babakan juga banyak aktivitas wisata air yang bisa Anda pilih. Mulai dari memancing, berkeliling danau, bermain perahu kayuh, hingga hunting foto cantik di sini juga bisa.

#. Harga Tiket Masuk Setu Babakan

Hingga saat ini, untuk memasuki Setu Babakan tidak ada harga tiket masuk alias gratis. Bahkan, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun hanya untuk membeli tiket. Namun, untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi, maka Anda harus membayar retribusi parkir.

Untuk parkir roda dua sebesar Rp. 2.000 saja dan untuk parkir mobil sebesar Rp. 5.000 saja. tidak hanya itu, untuk Anda yang ingin menjajal wahana air, maka anda bisa membayar biaya sewa sekitar Rp. 10.000-Rp. 15.000 saja.

#. Lokasi Setu Babakan

Untuk lokasinya sendiri, Setu Babakan beralamatkan di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta selatan, DKI Jakarta. Untuk lokasinya sendiri cukup strategis, sehingga Anda tidak perlu khawatir kesulitan untuk menemukannya.

Jika Anda berangkat dari pusat kota Jakarta, maka Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan saja untuk tiba sampai ke lokasi. Sebab, jaraknya hanya 24 km saja. beberapa objek wisata yang dekat dengan tempat wisata ini seperti danau mahoni, taman tabebuya, kebun binatang ragunan, taman UI dan masih banyak lainnya.

#. Fasilitas di Setu Babakan Jakarta

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap lho. Ada banyak fasilitas umum yang bisa Anda nikmati dan pastinya memadai banget. Adapun beberapa fasilitas yang ada di Setu Babakan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Area parkir yang luas
  • Mushola yang nyaman
  • Teater terbuka
  • Area bermain anak
  • Wisma
  • Panggung pertunjukkan
  • Tempat makan
  • Toko souvenir.

Tidak hanya fasilitas itu saja yang bisa anda nikmati selama di Setu Babakan. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan banyak spot foto unik, lucu dan menarik dan pastinya kekinian banget. Sehingga untuk Anda yang sedang mencari foto Instagramable, kekinian cocok banget tempat wisata ini untuk Anda.

Tempat wisata ini juga menjadi salah satu tempat wisata edukatif yang sangat cocok digunakan untuk liburan bersama dengan keluarga. Apalagi untuk Anda yang masih memiliki anak sekolah, tentunya tempat wisata ini sangat cocok untuk memperkenalkan anak tentang budaya betawi yang saat ini sudah mulai ditinggalkan oleh generasi muda.

Tis aja nih untuk Anda yang ingin liburan ke tempat wisata ini. tempat wisata Setu Babakan pada dasarnya dibuka setiap hari. Sebab, tempat wisata ini merupakan kawasan perkampungan. Hanya saja, pada hari senin museumnya ditutup.

Lihat juga: 10 Kolam Renang Terbaik di Jakarta

Oleh sebab itu, jika Anda ingin datang ke museum, ada baiknya untuk tidak datang liburan di hari senin. Sedangkan untuk Anda yang ingin menyaksikan pertunjukkan seni khas betawi di panggung utama. Kesenian ini biasanya akan dipertunjukkan pada hari sabtu dan minggu. Sedangkan untuk acara yang terjadwal biasanya pada momen agustusan atau Idul Fitri saja.

Yang pastinya, Setu Babakan bukan hanya sekedar tempat wisata yang memberikan hiburan saja. namun, tempat wisata ini akan memberikan banyak wawasan dan informasi baru tentang kekayaan adat istiadat dari suku Betawi.

Oleh sebab itu, yuk langsung saja rencanakan liburan Anda bersama orang terdekat ke Setu Babakan Jakarta. jangan lupa untuk ajak teman sebanyak-banyaknya, karena semakin banyak yang datang akan semakin seru.

Booking kamar hotel secara online sekarang juga dan dapatkan promo hotel dan penawaran harga terbaik hari ini. Pesan kamar jauh hari sebelum keberangkatan agar tidak kehabisan karena pada sewaktu-waktu kamar bisa habis, apalagi ketika musim liburan. Pesan kamar di Agoda dapatkan promo diskon dan penawaran harga terbaik.


Related Post