Menu

Menilik Fungsi dan Peran Hotel Dalam Perekonomian


Fungsi dan peran hotel dalam perekonomian sangat diakui dewasa ini mengingat keberadaan hotel dapat memberikan efek penting bagi perkembangan daerah. Perlu kita ketahui bersama bahwa selain sebagai bentuk jasa pemenuhan akomodasi wisata di daerah tersebut, hotel ternyata juga memiliki peranan yang cukup signifikan dalam perekonomian daerah setempat. Betapa tidak, sebuah hotel dapat menampung tenaga kerja dalam jumlah banyak, belum lagi pengaruhnya dalam meningkatkan nilai tanah dan area di sekitar hotel yang mampu merangsang geliat bisnis di sekitar hotel oleh para warga lokal.

fungsi dan peranan hotel dalam perekonomian

Fungsi dan Peranan Hotel

Mengamati fungsi dan peran hotel dalam perekonomian cukup menarik mengingat hal tersebut berkaitan erat dengan banyak hal. Bukan hanya tentang hotel dan pariwisata, namun juga mengenai perkembangan perekonomian suatu daerah dan berbagai hal yang berkaitan dengannya. Sebagai contoh, keberadaan hotel di suatu tempat akan memberikan ruang kesempatan yang lumayan besar kepada penduduk setempat untuk mendapat pekerjaan atau setidaknya mendapat imbas akan peningkatan bisnis mereka dari para tamu yang menginap di hotel tersebut.

Begitu pula jika kita melihat dari sudut pandang pihak hotel, mereka membutuhkan kerja sama para penduduk lokal untuk mencipakan suasana yang tenang dan kondusif agar para tamu mereka bisa beristirahat dengan tenang. Beberapa hotel bahkan tidak tanggung-tanggung untuk mengalokasikan sejumlah dana untuk program tahunan mereka kepada daerah lokal yang biasanya diwujudkan berupa perbaikan jalan, jembatan, pembuatan taman lokal, dan banyak lagi.

Selain untuk menunjukkan kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitar, program tersebut juga tak lain untuk menunjang bisnis mereka dengan membuat akses jalan yang lebih mudah dan lain sebagainya. Dan simbiosis mutualisme yang terjadi antara bisnis hotel dan lingkungan sekitar tentunya adalah fenomena yang cukup menarik untuk kita amati dan ikuti.

baca juga: fungsi hotel dalam pariwisata

Tidak hanya berupa sumbangsih berupa dana dan pembiayaan, beberapa hotel juga memfokuskan pada peningkatan taraf hidup penduduk lokal dengan menyelenggarakan berbagai pelatihan bisnis terpadu secara gratis, menawarkan program bisnis bermanfaat bagi penduduk, dan masih banyak lagi. Dengan begini fungsi dan peran hotel dalam perekonomian daerah setempat bisa dibilang sangatlah besar. Tidak hanya memberikan sumbangsih nyata berupa perbaikan fasilitas-fasilitas umum vital di sekitarnya namun juga turut serta dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar melalui pembukaan lapangan pekerjaan dan pelatihan bisnis gratis.

Hotel Menentukan perkembangan dunia wisata

Dan dalam lingkup yang lebih luas, keberadaan hotel juga menentukan perkembangan dunia pariwisata di kota setempat. Tanpa adanya akomodasi pariwisata yang memadai, maka industry wisata akan mengalami kesulitan dalam perkembangannya. Namun sebaliknya, jika di suatu area wiasata tersebut terdapat akomodasi penginapan yang memadai maka wisatawan akan merasa lebih leluasa untuk menghabiskan liburan mereka menikmati apapun objek wisata yang ditawarkan daerah tersebut. Keberadaan hotel juga terkadang menjadi tolak ukur akan tingkat dan kualitas pariwisata setempat, sehingga tentunya mempengaruhi pendapatan daerah di segi pariwisata.

Jadi, sebagai kesimpulan dari pembahasan atas fungsi dan peran hotel dalam perekonomian daerah setempat di atas, dapat kita tarik fakta bahwa bagaimanapun, sedikit banyak hotel pastinya memberikan efek positif akan perkembangan ekonomi daerah setempat. Lebih jauh, hotel juga berkontribusi sangat besar dalam peningkatan pendapatan daerah, entah itu dari pajak retribusi daerah, peningkatan pengunjung, devisa, serta kemajuan industry pariwisata secara keseluruhan di daerah tersebut. Dengan peran serta positif yang diberikan, hendaknya pemerintah setempat memberikan ruang seluas-luasnya bagi para investor hotel, yang nantinya akan memberi imbas positif akan peningkatan perekonomian daerah.


Related Post