Menu

Jenis Jenis Hotel Berdasarkan Lokasi


jenis jenis hotel berdasarkan lokasiJenis-jenis hotel berdarkan lokasi, pada artikel sebelumnya jenishotel.info telah membahas mengenai pengertian dan definisi hotel. Hotel merupakan akomodasi bagi masyarakat umum yang ingin menginap dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Di dunia dan Indonesia perkembangan bisnis hotel maju dengan pesat ini terlihat dengan semakin banyaknya hotel dengan berbagai macam jenis yang diklasifikasikan berdasarkan lokasi dan tempat dimana hotel itu berada.

Terkait dengan klasifikasi hotel tersebut maka pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai jenis-jenis hotel berdasarkan lokasi atau area dimana hotel tersebut dibangun.

1. City Hotel
City hotel adalah hotel yang terletak ditengah kota besar atau daerah perkotaan. City hotel biasa disebut juga sebagai transit hotel karena masyarakat yang tinggal biasanya dalam jangka waktu pendek (sementara). Tamu yang datang kebanyakan bertujuan untuk bisnis, pertemuan, seminar, dagang, serta untuk acara resmi perusahaan. Sebab city hotel banyak menyediakan sarana untuk bisnis dengan gedung bertingkat.

2. Motel (motor hotel)
Motel hadir diperuntukan sebagai tempat persinggahan sementara bagi masyarakat yang bepergian menggunakan kendaraan umum atau pribadi. motel merupakan hotel yang terletak dipinggiran kota dan biasanya berada dipinggiran jalan raya yang menghubungkan satu kota dengan kota lainnya. Namun kita motel harus bersaing dengan resort hotel yang banyak tumbuh ditempat-tempat peristirahatan.

3. Resort Hotel
Resort hotel adalah hotel yang terletak jauh dari kota dan di peruntukan bagi masyarakat yang ingin berekreasi atau berwisata. Hotel resort biasanya terletak didaerah tujuan wisata. Resort hotel bermacam-macam berdasarkan letak lokasinya yakni ada beach hotel terletak ditepi pantai, mountain hotel terletak di daerah pegunungan, Ravine hotel terletak ditepi jurang, Jungle hotel terletak di area hutan, Lake hotel terletak ditepi danau dan Riverside hotel terletak ditepi sungai.

  • Beach Hotel adalah hotel resort yang terletak di tepi pantai. ditujukan bagi pengunjung yang ingin menikmati kesejukan suasana pantai dengan kemewahan dan sisi kamar yang menghadap ke laut, memiliki sarana rekreasi air, memiliki perlengkapan dan memiliki sarana penunjang bagi tamu yang ingin rileks.
  • Mountain hotel adalah jenis hotel yang terletak di lokasi penggunungan diperuntukan bagi tamu yang ingin menikmati sejuknya hawa pegunungan. Biasanya bangunan Mountain hotel tidak terlalu tinggi, disesuaikan dengan kondisi alam di sekitarnya, terkecuali bila memungkinkan untuk kontruksi bangunan tinggi.
  • Lake hotel adalah hotel rekreasi yang berlokasi di tepi danau. Bagi anda yang suka dengan indahnya pemandang danau maka hotel cocok sebagai sarana rekreasi anda dan keluarga.
  • Ravine hotel adalah hotel yang berlokasi di tepi jurang yang terjal, umumnya di dataran tinggi, dengan tebing curam di bawahnya. Hotel Ravine menyediakan banyak fasilitas rekreasi dan tour khusus untuk menuju lembah yang ada di bawahnya.
  • Jungle hotel adalah hotel ini berlokasi di area hutan, mengandalkan unsur natural. Fasilitas hotel, seperti kamar, lobby dan receptionist counter biasanya dibuat bernuansa natural, terpadu erat dengan lingkungan hutan dan alam. Anda yang suka dengan petualangan dan suasa hutan maka jungle hotel bisa menjadi pilihan tempa rekreasi sebab banyak saran yang disediakan seperti jungle trekking, sight seeing tour, forest safari, hunting, outdoor games, hiking, hill climbing, mountain bike dan cross country.

4. Residential Hotel
Residential Hotel merupakan hotel yang diperuntukan bagi masyarakat yang ingin tinggal cukup lama. Hotel ini berlokasi di daerah tenang yang jauh dari keramaian seperti pinggiran kota, namun memiliki akses kemudahan dalam mencapai tempat-tempat kegiatan bisnis. Hotel ini juga memiliki fasilitas yang lengkap untuk seluruh anggota keluarga.

5. Down Town Hotel
Down Town hotel merupakan Hotel yang berlokasi di dekat lokasi perdagangan dan perbelanjaan. Sasaran konsumen dari hotel ini adalah pengunjung yang ingin berwisata belanja ataupun menjalin relasi dagang. Kadang hotel ini dibangun bergabung dengan fasilitas perbelanjaan agar dapat saling memberikan keuntungan.

Nah, kalau kita lihat berdasarkan lokasinya memang ada banyak jenis hotel. selain jenis-jenis hotel berdasarkan lokasi dimana hotel tersebut dibangun klasifikasi jenis hotel juga ditentukan berdasarkan jumlah kamar, jumlah bintang dll.


Related Post