Menu

Fungsi Hotel Dan Peranan Hotel Dalam Industri Pariwisata


Fungsi hotel dan peranan hotel dalam industri pariwisata – fungsi utama Hotel sebagai sarana akomodasi tempat menginap sementara bagi para tamu yang datang dari berbagai tempat. Namu seiring perkembangan zama  fungsi hotel tidak hanya sebagai tempat menginap saja, akan tetapi sekarang ini fungsi hotel juga sebagai tempat melakukan pertemuan bisnis, seminar, tempat berlangsungnya pesta pernikahan (resepsi), lokakarya, musyawarah nasional dan kegiatan lainnya. Hotel dijadikan sebagai tempat melakukan berbagai kegiatan karena memang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap untuk menunjang berbagai kegiatan yang dilaksanan oleh para tamu.

fungsi dan peranan hotel

Peranan hotel dalam industri pariwisata memang sangat penting. betapa tidak hotel sebagai sarana akomodasi umum sangat membantu para wisatawan yang sedang berkunjung untuk berwisata dengan jasa penginapan yang disediakan oleh hotel. Hubungan industri perhotelan dan kepariwisataan memiliki kaitan yang erat. Hotel termasuk sarana pokok kepariwisataan (main tourism superstructures) yang berarti hidup dan kehidupannya banyak tergantung pada jumlah wisatawan yang datang. Bila kita umpamakan industri pariwisata itu sebagai suatu bangunan, maka sektor perhotelan merupakan tiangnya.

Sebagai  industri perdagangan yang bergerak dibidang jasa, Pariwisata memiliki mekanisme pengaturan yang kompleks karena mencakup pengaturan pergerakan wisatawan dari negara asalnya, di daerah tujuan wisata hingga kembali ke negara asalnya dengan melibatkan banyak hal antara lain: transportasi, penginapan, restoran, pemandu wisata, dan lain-lain. Oleh karena itu, industri pariwisata memegang peranan yang sangat penting dalam pengembangan pariwisata.

hotel adalah salah satu unsur yang mendukung terselenggaranya pariwisata. Menurut Spillane (1994 : 30) bahwa ada tiga pemain utama dalam industri pariwisata :

  • mereka yang mencari kepuasan atau kesejahteraan lewat perjalanan mereka (wisatawan atau tamu)
  • Mereka yang tinggal dan berdomisili dalam masyarakat yang menjadi alat pariwisata (tuan rumah atau penduduk setempat)
  • Mereka yang mempromosikan dan menjadi perantaranya (bisnis pariwisata atau perantara).

Industri pariwisata telah di akui sebagai yang paling penting,dan menguntungkan,terutama di tinjau dari sudut perekonomian yang banyak mengasilkan devisa bagi negara.Di Indonesia sendiri,sektor kepariwisataan,sudah termasuk dalam Garis -Garis Besar Haluan Negara(GBHN).sebagai bagian integral dari pembangunan nasianal. Pariwisata mampu menunjang pembangunan negara karena:

  1.   membantu menciptakan sekaligus menambah lapangan kerja,termasuk jasa hotel,angkutan,industri sandang pangan,pertanian,hiburan,cendramata,dll
  2.   membantu perkembangan indutri-industri kecil seperti objek wisata,restoran,tempat hiburan,dan objek-objek lainnya.
  3.   pariwisata memungkinkan terjaganya kelestarian alam serta kebudayaan.
  4.    menumbulkan rasa sling mengenal serta  arga-mengargai antar bangsa,sehingga dapat mempererat hubungan antar manusia yang cinta damai.

Dalam industri pariwisata, hotel bukan satu-satunya bentuk akomodasi bagi wisatawan. Akan tetapi masih banyak jenis akomodasi lain yang dikenal dengan sebutan akomodasi tambahan (supplementary accomodation) seperti biro perjalanan wisata, restoran, operator adventure tour, operator pariwisata dll. Hotel adalah sebuah gedung / bangunan yang menyediakan penginapan , makanan dan pelayanan yang bersangkutan dengan menginap serta makan bagi mereka yang mengadakan perjalanan. Hotel merupakan bangunan akomodasi yang menyediakan kenyamanan lebih tinggi dan status tertentu bagi mereka yang menginap disitu.

Selain dalam industri pariwisata hotel juga memiliki peranan penting dalam pembangunan negara yakni meningkatkan industri rakyat , menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, membantu usaha pendidikan dan latihan , meningkatkan devisa negara, meningkatkan pendapatan daerah dan negara serta meningkatkan hubungan antar bangsa.

Demikianlah pembahasan singkat pada artikel kali ini tentang Fungsi Hotel dan Peranan hotel dalam industri pariwisata serta dalam menunjang pembangunan negara. tidak heran kalau ditemat tempat pariwisata terdapat banyak sekali hotel.


Related Post